Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Jumat, 25 Februari 2011

Azza Nuzullah Putri : Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Materi Pokok Gerak Tumbuhan untuk SMP.

ABSTRAK

Perilaku-perilaku tercela yang dilakukan generasi muda saat ini menimbulkan kekhawatiran dalam masyarakat. Upaya strategis untuk mengatasi kondisi tersebut diwujudkan melalui pendidikan karakter. Implementasi pendidikan karakter dapat dilakukan melalui integrasi dalam setiap mata pelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut dapat merencanakan pembelajaran yang berkarakter dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Karakter yang dikembangkan ditulis secara eksplisit pada langkah-langkah pembelajaran di dalam RPP. Penelitian ini bertujuan menghasilkan RRP berkarakter dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, mengetahui validitas dan keterlaksanaannya serta respons siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan four-D-models yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap disseminate dilakukan secara terbatas terhadap subjek uji coba. Subjek uji coba RPP adalah siswa SMPN 7 Padang kelas VIII1. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari hasil validitas RPP, keterlaksanaan RPP dan respons siswa. Data dianalisis secara deskriptif berupa persentase.
Produk dari penelitian ini berupa RPP berkarakter dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi pokok gerak tumbuhan untuk SMP. Validitas RPP yang dihasilkan berkategori baik dengan hasil validasi yang diberikan validator bernilai rata-rata 3,3. Pengamatan terhadap keterlaksanaan RPP rata-rata berkategori baik untuk kedua RPP. Respons siswa yang diminta setelah uji coba berlangsung menyatakan bahwa 89,28% siswa merasa senang mengikuti pelajaran serta mudah memahaminya. Sebanyak 82,04% siswa juga setuju jika pokok bahasan lain diajarkan dengan model ini serta menimbulkan minat siswa dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan dikategorikan baik.

0 comments

Posting Komentar