Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Jumat, 25 Februari 2011

Ganda Hijrah selaras: pengaruh variasi anggota kelompok dan tempat duduk siswa dalam pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 padang

 ABSTRAK

Banyak permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan dapat ditimbulkan karena pemilihan strategi pembelajaran yang kurang tepat dan proses pembelajaran yang membosankan serta interaksi antarsiswa yang monoton. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diberikan variasi dalam proses pembelajaran berupa variasi anggota kelompok dan posisi tempat duduk siswa dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi anggota kelompok dan posisi tempat duduk siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 5 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas X7 sebagai kelas kontrol dan X6 sebagai kelas eksperimen. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil tes akhir, terdapat peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 72,05 daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 66,54. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa memvariasikan anggota kelompok dan posisi tempat duduk siswa dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berpengaruh positif berarti terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 Padang.

0 comments

Posting Komentar