Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Kamis, 10 Februari 2011

Pengembangan Strategi Pembelajaran Interaktif Berbentuk E-Learning (Electronic Learning) Berbasis Web Pada Mata Kuliah Taksonomi Invertebrata

ABSTRAK

Mata kuliah Taksonomi Invertebrata membahas dasar-dasar taksonomi dan nomenklatur serta aplikasinya pada hewan invertebrata. Selama ini mahasiswa sering merasa kesulitan memahami konsep identifikasi invertebrata karena tidak didukung strategi pembelajaran yang tepat. Hal ini menuntut adanya terobosan baru dalam mencari strategi pembelajaran agar terlaksana dengan efektif dan efisien yang mampu menyajikan konsep-konsep taksonomi yang abstrak menjadi lebih nyata, sederhana dan mudah dipahami. Melalui multimedia interaktif berbasis web pemahaman konsep-konsep dari taksonomi diharapkan lebih mudah dipahami. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan startegi pembelajaran berbentuk e-learning berbasis web yang valid dan praktis pada mata kuliah Taksonomi Invertebrata.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate, tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis mahasiswa, analisis tugas dan analisis konsep. Tahap design dilakukan perancangan strategi pembelajaran berbentuk e-learning berbasis web. Tahap develop dilakukan melalui uji validitas oleh 3 orang validator dan uji praktikalitas kepada 24 orang mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP. Data penelitian ini diperoleh melalui angket uji validitas dan uji praktikalitas strategi pembelajaran yang dihasilkan dan selanjutnya dilakukan analisis deskriptif.

Pada penelitian ini telah berhasil dibuat strategi pembelajaran interaktif berbentuk e-learning berbasis web pada mata kuliah Taksonomi Invertebrata. Hasil uji validitas yang dilakukan validator dalam aspek isi, motivasi dan tampilan, menunjukkan strategi pembelajaran interaktif valid digunakan dengan nilai validasi 3,62. Hasil uji praktikalitas strategi pembelajaran pada mahasiswa menyangkut aktivitas pembelajaran, kemudahan dan manfaat yang didapat menunjukkan strategi ini praktis dengan nilai praktikalitas 3,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran interaktif berbentuk e-learning berbasis web pada mata kuliah Taksonomi Invertebrata yang dikembangkan valid dan praktis digunakan dalam perkuliahan.

1 comments

Annisa 10 Februari 2011 23.26

ok bgt bg,,,,
klo bs tmbh lg kumpulan skripsinya,,,,
^_^
good luck,,,

Posting Komentar