Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Jumat, 25 Februari 2011

Prima Mutia Sari : Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter untuk Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA.

 ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membangun karakter siswa yang sebaiknya terintegrasi ke dalam setiap rencana dan pelaksanaan pembelajaran. RPP berkarakter merupakan rencana yang menggambarkan prosedur pembelajaran yang memuat karakter apa yang dapat ditanamkan melalui model pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan RPP berkarakter untuk model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem peredaran darah di SMA, melihat validitas dan keterlaksanaan RPP yang dihasilkan serta respons siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) sedangkan penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Subjek uji coba RPP adalah siswa SMAN 3 Padang kelas XI IPA7. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari validasi RPP, keterlaksanaan RPP, dan respons siswa. Data validasi dan keterlaksanaan RPP dianalisis dengan analisis deskriptif dengan range 1-4, data respons siswa dianalisis dengan hasil berupa persentase.
Dari penelitian ini dihasilkan RPP berkarakter untuk model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem peredaran darah. Validitas RPP yang dihasilkan berkategori baik dengan rata-rata 3,25. Keterlaksanaan berkategori sangat baik dengan rata-rata nilai 3,55. Respons siswa terhadap RPP yaitu 69,44% yang berarti siswa merasa senang terhadap model pembelajaran yang digunakan. 61,11% siswa sangat setuju jika guru menegur siswa yang tidak bertanggung jawab dan bekerja sama dan 72,22% siswa dapat mengikuti dengan mudah kegiatan pembelajaran. 75% siswa berminat mengikuti pembelajaran pada pembelajaran berikutnya atau pokok bahasan lain.

0 comments

Poskan Komentar