Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Rabu, 23 Februari 2011

Rahmadhani Fitri: Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Campus di Kelas X4 SMAN 1 Pasaman

ABSTRAK

Pada tahun 2009/2010 guru Biologi di SMP N 9 Padang dihadapkan pada kenyataan rendahnya hasil belajar Biologi siswa yang berkisar 6,0 sampai 6,5. Permasalahan yang dihadapi oleh guru Biologi di SMP N 9 Padang ditunjukkan oleh permasalahan rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pem-belajaran di kelas. Cara yang diperkirakan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar adalah metode diskusi kelompok menggunakan bahan ajar. Menggunakan metode diskusi kelompok memakai bahan ajar, akan membuat semua siswa berpartisipasi secara aktif untuk memecahkan masalah yang dihadapi kelompoknya. Dengan demikian, diharapkan aktivitas belajar siswa juga dapat ditingkatkan. Oleh karena itu dilaksanakan suatu tindakan kelas dengan judul ’’Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Bahan Ajar di SMP N 9 Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah kegiatan belajar mengajar menggunakan metode diskusi kelompok menggunakan bahan ajar dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar?
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Berdasarkan kelemahan atau kekurangan yang terlihat pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, maka direncanakan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II, agar peningkatan aktivitas siswa yang terjadi benar-benar signifikan.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa dengan metode diskusi kelompok memakai bahan ajar dapat ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa yang berpartisipasi aktif menjawab soal bahan ajar siklus I 60 %, siklus II 86,7 %, aktif mengajukan pertanyaan siklus I, 39,2 %, pada siklus II, 55 %, siswa yang aktif menjawab dengan pertanyaan siklus I 56,7 %, siklus II 62,3 %, siswa yang mengemukakan pendapat siklus I 27,5 %, siklus II 47,3 %, dan siswa yang membuat kesimpulan siklus I, 59,2 %, siklus II, 86,5 %. Berdasarkan data yang diperoleh selama pembelajaran pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok memakai bahan ajar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

0 comments

Poskan Komentar