Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

Rahmawati. D: Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Strategi Belajar Membuat Peta Konsep Menggunakan Model Pembelajaran Langsung.

Banyak siswa mengalami masalah dalam pembelajaran, karena mereka tidak tahu bagaimana cara belajar yang baik. Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengajarkan strategi belajar kepada siswa. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sangat sedikit guru yang melaksanakan 
 ABSTRAK

Pembelajaran strategi belajar tersebut. Selain itu, tidak ada contoh perangkat pembelajaran yang dapat dipedomani guru dalam mengajarkan strategi belajar ini kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perang-kat pembelajaran untuk strategi belajar membuat peta konsep menggunakan pembelajaran langsung, melihat validitas perangkat pembelajaran yang dikem-bangkan, melihat keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran, serta melihat respons siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas buku siswa, RPP, media pembelajaran dan alat evaluasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yakni penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk. Perangkat pembelajaran untuk strategi belajar membuat peta konsep menggunakan model pembelajaran lang-sung dikembangkan dengan menggunakan four-D-models yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap define terdiri atas analisis kebutuhan, analisis siswa dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan penyusunan perangkat pembelajaran untuk strategi belajar membuat peta konsep menggunakan model pembelajaran langsung. Tahap develop dilakukan melalui tiga langkah, yaitu validasi oleh pakar pendidikan, simulasi di hadapan mahasiswa program studi Pendidikan Biologi yang telah mengambil mata kuliah Strategi Pembelajaran Biologi dan uji coba terbatas pada siswa di SMA N 8 Padang kelas X4. Setelah setiap langkah pada tahap develop ini selesai, maka dilakukan revisi terhadap perangkat pembelajaran tersebut sebanyak tiga kali. Setelah tiga kali mengalami revisi, diperoleh perangkat pembelajaran untuk strategi belajar membuat peta konsep menggunakan model pembelajaran langsung yang baik. Tahap dissemi-nate tidak dilakukan.
Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil validasi perangkat pembelajaran, pengamatan keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, serta respons sis-wa terhadap perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Data ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil validasi yang diberikan validator memperoleh nilai rata-rata sangat baik. Keterlaksanaan RPP yang digunakan secara keseluruhan baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran beragam. Respons siswa yang diminta setelah kegiatan uji coba secara umum positif. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah teruji validitasnya dan dikategorikan baik.

0 comments

Poskan Komentar