Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "GARAK PADA TUMBUHAN"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan         :  SMP N
Mata Pelajaran               :  Biologi
Kelas/Semester              :  VIII / I
Tahun Pelajaran             :  2010-2011
Alokasi Waktu                :  4 x 40 menit
Standar Kompetensi              :
            3. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar                 :
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
Indikator Pembelajaran        :
·         Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
·         Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti
·          Melakukan observasi dan membuat laporan gerak tropisme dan nasti tumbuhan di lingkungan sekolah

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.     Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.     Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
2.     Menjelaskan pengertian gerak autonom (endonom)
3.     Menjelaskan pengertian gerak etionom
4.     Menjelaskan pengertian gerak higroskopis
5.     Menjelaskan 3 macam gerak etionom pada tumbuhan
6.     Menjelaskan macam-macam gerak nasti
7.     Menjelaskan macam-macam gerak tropisme
8.     Menjelaskan macam-macam gerak taksis

b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.     Bekerjasama dengan teman
2.     Menghargai pendapat teman
3.     Mengemukakan pendapat
4.     Mengkomunikasikan penemuan

c.      Psikomotor

   II.    Materi Pembelajaran
a.     Fakta                    :
1.     Tumbuhan melakukan gerak secara pasif
2.     Tumbuhan bergerak karena pengaruh ransangan dari luar dan dalam
3.     Gerak tumbuhan karena ada ransangan dari dalam disebut gerak endonom sedangkan gerak tumbuhan karena ada ransangan dari luar disebut gerak etionom
4.     Gerak pada tanaman terdiri atas gerak etionom, gerak endonom dan gerak higroskopis
5.     Gerak etionom terbagi atas gerak nasti, gerak tropisme dan gerak taksis
6.     Gerak nasti terbagi atas fotonasti, niktinasti, tigmonasti, termonasti dan nasti kompleks
7.     Gerak tropisme terbagi atas tropisme positif dan tropisme negatif
8.     Gerak tropisme negatif terdiri atas fototropisme, geotropisme, kemotropisme, tigmotropisme, dan hidrotropisme
9.     Gerak taksis terdiri dari fototaksis dan kemotaksis

b.     Konsep                :


1.     Gerak autonom (endonom)
2.     Gerak etionom
3.     Gerak higroskopis
4.     Gerak nasti
5.     Fotonasti
6.     Niktinasti
7.     Tigmonasti
8.     Termonasti
9.     Nasti kompleks
10.  Gerak tropisme
11.            Tropisme positif
12.            Tropisme negatif
13.            Fototropisme
14.            Geotropisme
15.            Kemotropisme
16.            Tigmotropisme
17.            Hidrotropisme
18.            Gerak taksis
19.            Fototaksis
20.            kemotaksis



c.      Prinsip                 :           -

d.     Prosedur              :           -

e.     Materi pokok      :
1.     Macam-macam gerak pada tumbuhan
2.     Macam-macam gerak etionom pada tumbuhan (nasti, tropisme dan taksis)


f.       Alokasi Waktu    :

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
PT (Penugasan Terstruktur)
30 menit
Membaca materi pelajaran selanjutnya mengenai hama dan penyakit pada tumbuhan
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-

  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.     Model      :           Kooperatif Learning
b.     Metode    :           Lesson Study

 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Pernahkah ananda menyentuh daun putri malu? Apa yang terjadi?
Lalu pernahkah ananda melihat bunga pukul empat yang mengatup dan membuka pada saat-saat tertentu?
Apa yang terjadi pada bunga pukul empat tersebut?
Tanaman itu melakukan gerak, lalu gerak apa yang dilakukan oleh tanaman tersebut?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Macam-macam gerak pada tumbuhan (Nasti)
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.

B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai Macam-macam gerak pada tumbuhan (Nasti)
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS


2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu macam-macam gerak pada tumbuhan (tropisme dan taksis)
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.








6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran


*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari

*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS


*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru



*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama


Pertemuan II
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang macam gerak pada tumbuhan (nasti), nah bagaimana dengan gerak pohon kelapa ke arah datangnya sinar matahari? Dan gerak akar tanaman ke arah datangnya air?
Apa yang terjadi pada pohon kelapa dan akar tanaman tersebut?
Gerak apa yang dilakukannya?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Gerak tropisme dan Taksis pada tumbuhan
8.   Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai gerak tropisme dan taksis pada tumbuhan
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu hama dan penyakit pada tumbuhan
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.









6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran




*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari

*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru


*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



   V.    Sumber Pembelajaran
1.   Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis,
2.   Sumber pelajaran


 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik penilaian        :           tes tertulis
2.   Bentuk instrumen      :           PG, isian dan uraian
3.   Contoh instrumen     :           terlampir


Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN
  Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi










                     NIP.

0 comments

Poskan Komentar