Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "HAMA DAN PENYAKIT"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan         :  SMP N
Mata Pelajaran               :  Biologi
Kelas/Semester              :  VIII / I
Tahun Pelajaran             :  2010-2011
Alokasi Waktu                :  2 x 40 menit
Standar Kompetensi              :
            3. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar                 :
3.4 Mengidentifikasi hama penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Pembelajaran        :
·         Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
·         Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.     Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.     Menjelaskan pengertian hama pada tanaman
2.     Menjelaskan jenis-jenis hama pada organ tumbuhan
3.     Menjelaskan cara memberantas hama yang tepat
4.     Menjelaskan pengertian penyakit pada tanaman
5.     Menjelaskan jenis-jenis penyakit pada tanaman
6.     Menjelaskan penyebab penyakit pada tanaman
7.     Menjelaskan pengendalian penyakit pada tanaman

b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.     Bekerjasama dengan teman
2.     Menghargai pendapat teman
3.     Mengemukakan pendapat
4.     Mengkomunikasikan penemuan

c.      Psikomotor


   II.    Materi Pembelajaran
a.     Fakta                    :
1.     Dalam kehidupan kita sering ditemukan tumbuhan yang diserang oleh hama dan penyakit
2.     Hama adalah hewan yang merusak tanaman dan hasil tanaman
3.     Hama dan penyakit tumbuhan disebabkan oleh bakteri dan jamur
4.     Jenis-jenis hama pada organ tumbuhan yaitu hama penggerek umbu kentang, hama pemakan daun kubis, hama thrips pada cabai, dsb
5.     Jenis-jenis penyakit pada organ tumbuhan yaitu penyakit hawar daun kentang, penyakit busuk basah kubis, penyakit akar gada kubis, dsb
b.     Konsep                :
1.     Hama
2.     Penyakit
3.     Bakterisida
4.     Fungisida
5.     Insektisida

c.      Prinsip                 :           -

d.     Prosedur              :           -

e.     Materi pokok      :
1.     Perbedaan hama dan penyakit
2.     Hama pada organ tumbuhan
3.     Penyakit pada organ tumbuhan

f.       Alokasi Waktu    :

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
PT (Penugasan Terstruktur)
30 menit
Membaca materi pelajaran selanjutnya
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-

  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.     Model      :           Kooperatif Learning
b.     Metode    :           Lesson Study


 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian, pernahkah kalian mendengar bahwa sering petani gagal panen karena tanamannya diserang hama atau penyakit? Kenapa tanaman rentan sekali terkena hama atau penyakit?
Hama atau penyakit apa saja yang sering menyerang tanaman?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Hama dan penyakit pada organ tumbuhan
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai hama dan penyakit pada organ tumbuhan
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS



2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi
*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu kimia rumah tangga
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.






6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari

*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS


*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru


*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama


   V.    Sumber Pembelajaran
1.   Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis,
2.   Sumber pelajaran
 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik penilaian        :           tes tertulis
2.   Bentuk instrumen      :           uraian
3.   Contoh instrumen     :           terlampir


Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN
 Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi









                     NIP.

0 comments

Poskan Komentar