Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "SISTEM GERAK"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan         :  SMP N .............
Mata Pelajaran               :  Biologi
Kelas/Semester              :  VIII / I
Tahun Pelajaran             :  2010-2011
Alokasi Waktu                :  4 x 40 menit
Standar Kompetensi              :
            2. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                 :
           
2.1 Mendeskripsikan  sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Indikator Pembelajaran        :
·     Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
·     Membedakan anatomi dan fungsi tulang rawan,  tulang keras, sebagai penyusun rangka tubuh dan alat gerak pasif.
·     Membedakan anatomi dan fungsi otot sebagai alat gerak aktif
·     Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya
·     Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang, sendi dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.     Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.     Menyebutkan organ penyusun sistem gerak manusia
2.     Menyebutkan jenis-jenis tulang penyusun sistem gerak manusia
3.     Membedakan anatomi tulang rawan, tulang keras sebagai penyusun rangka tubuh dan alat gerak pasif
4.     Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras sebagai penyusun rangka tubuh dan alat gerak pasif
5.     Menjelaskan proses osifikasi
6.     Menyebutkan pembagian rangka penyusun sistem gerak manusia
7.     Membedakan anatomi dan fungsi otot sebagai alat gerak aktif
8.     Menjelaskan ciri-ciri dari 3 jenis otot penyusun sistem gerak manusia
9.     Menyebutkan pengertian dari sendi
10.  Mengelompokkan sendi penyusun sistem gerak manusia berdasarkan sifat geraknya
11.  Menjelaskan fungsi dari jenis-jenis sendi penyusun sistem gerak manusia
12.  Menjelaskan berbagai macam contoh kelainan penyakit pada sistem gerak yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari.
b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.     Bekerjasama dengan teman
2.     Menghargai pendapat teman
3.     Mengemukakan pendapat
4.     Mengkomunikasikan penemuan

   II.    Materi Pembelajaran
a.     Fakta                    :
1.     Tubuh manusia dibangun oleh organ penyusun sistem gerak
2.     Sistem gerak pada manusia disusun oleh tulang, rangka, otot dan sendi
3.     Tulang pada manusia terdiri atas tulang rawan dan tulang keras
4.     Rangka pada manusia terdiri atas tulang tengkorak, tulang badan, dan tulang anggota gerak
5.     Rangka merupakan alat gerak pasif
6.     Otot merupakan alat gerak aktif
7.     Otot penyusun tubuh manusia terdiri dari otot polos, otot jantung dan otot lurik
8.     Tulang penyusun tubuh dihubungkan oleh sendi
9.     Sendi yang terdapat pada tubuh manusia antara lain sendi mati, sendi kaku, dan sendi gerak
10.  Pada sistem gerak manusia terdapat gangguan dan kelainan

b.     Konsep                :
1.     Sistem gerak
2.     Otot antagonis
3.     Otot sinergis
4.     Kontraksi
5.     Relaksasi
6.     Sendi
7.     Artritis
8.     Fraktura

c.      Prinsip                 :           -

d.     Prosedur              :           -



e.     Materi pokok      :
1.     Organ penyusun sistem gerak pada manusia
2.     Kelainan dan gangguan pada tulang dan otot

f.       Alokasi Waktu    :

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
PT (Penugasan Terstruktur)
60 menit
Membaca materi pelajaran selanjutnya, membuat peta konsep dari sistem pencernaan pada manusia
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-

  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.     Model      :           Kooperatif Learning
b.     Metode    :           Lesson Study

 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian, tahukah ananda kenapa tubuh kita bisa berdiri tegak?kenapa tangan kia bisa dibengkokkan dan kenapa kita bisa berjalan?
Itu karena tubuh kita disusun oleh rangka yang di balut oleh otot. Di dalam tubuh kita juga disusun oleh sendi yang menghubungkan tulang sehingga tangan bisa dibengkokkan. Lalu apa sajakah jenis tulang, rangka, otot, dan sendi yang menyusun tubuh kita?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Organ penyusun sistem gerak pada manusia (tulang, rangka dan otot)
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai organ penyusun sistem gerak pada manusia (tulang, rangka dan otot)
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS


2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa


3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu Sendi sebagai organ penyusun sis. Gerak dan Kelainan dan Gangguan yang terdapat pada organ sistem gerak manusia
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.











6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari


*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS


*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman



*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru





*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



Pertemuan II
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda masih ingat dengan tulang penyusun tubuh kita?
Tulang yang menyusun tubuh kita sangat banyak tapi kenapa organ tubuh kita bisa digerakkan dan dibengkokan? Apakah karena susunannya yang rapi?
Nah, tulang dalam tubuh kita dihubungkan oleh sendi. Hal inilah yang mengakibatkan anggota badan kita bisa digerakkan. Apakah seluruh organ penyusun sistem gerak manusia selalu baik?
Tentu tidak bukan, ada kelainan dan gangguan yang terdapat pada organ sistem gerak manusia. Tahukah ananda apa saja gangguan dan kelainan tersebut?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Sendi sebagai organ penyusun sis. Gerak dan Kelainan dan Gangguan yang terdapat pada organ sistem gerak manusia
8.   Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai sendi dan kelainan dan gangguan pada tulang dan otot
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi
*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu sistem pencernaan pada manusia
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
















6.    
7.   Mencatat judul pelajaran




8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran




*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari

*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok
*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru


*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



   V.    Sumber Pembelajaran
1.   Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis, charta organ penyusun sistem gerak manusia
2.   Sumber pelajaran




 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik penilaian        :           tes tertulis
2.   Bentuk instrumen      :           PG dan uraian
3.   Contoh instrumen     :           terlampir


Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN ............
...............,            Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi









                     NIP.

0 comments

Poskan Komentar