Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "SISTEM PERNAPASAN"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan         :  SMP N ................
Mata Pelajaran               :  Biologi
Kelas/Semester              :  VIII / I
Tahun Pelajaran             :  2010-2011
Alokasi Waktu                :  4 x 40 menit
Standar Kompetensi              :
            2. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                 :
            2.3 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Indikator Pembelajaran        :
·         Menjelaskan macam-macam dan fungsi organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
·         Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan
·         Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.     Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.     Menyebutkan pengertian pernapasan pada manusia
2.     Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
3.     Menjelaskan fungsi organ-organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
4.     Menjelaskan mekanisme pernapasan pada manusia
5.     Membedakan proses inspirasi dan ekspirasi pada manusia
6.     Membedakan pernapasan perut dan pernapasan dada pada manusia
7.     Menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan manusia
b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.     Bekerjasama dengan teman
2.     Menghargai pendapat teman
3.     Mengemukakan pendapat
4.     Mengkomunikasikan penemuan


c.      Psikomotor

   II.    Materi Pembelajaran
a.     Fakta                    :
1.     Makhluk hidup bernapas untuk bertahan hidup
2.     Bernapas adalah peristiwa menghirup oksigen dari lingkungan untuk oksidasi tubuh dan mengeluarkan karbondioksida sebagai sisa pembakaran
3.     Bernapas terdiri dari proses inspirasi dan ekspirasi
4.     Organ-organ pernapasan terdiri dari hidung, lanring, trakea, dan paru-paru
5.     Pertukaran O2 dan CO2 terjadi di alveolus
6.     Mekanisme pernapasan terdiri dari pernapasan perut dan pernapasan dada
7.     Terdapat kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia

b.     Konsep                :
1.     Bernapas
2.     Inspirasi
3.     Ekspirasi
4.     Pernapasan perut
5.     Pernapasan dada
6.     Udara pernapasan
7.     Udara residu
8.     Udara suplementer
9.     Udara koplementer
10.  Kapasitas vital paru-paru
11.  Kapasitas total paru-paru

c.      Prinsip                 :           -

d.     Prosedur              :           -

e.     Materi pokok      :
1.     Pengertian bernapas pada manusia
2.     Organ-organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
3.     Mekanisme pernapasan
4.     Kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan



f.       Alokasi Waktu    :

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
PT (Penugasan Terstruktur)
60 menit
Membaca materi pelajaran selanjutnya, membuat ringkasan dan peta konsep materi sistem peredaran darah pada manusia
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-

  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.     Model      :           Kooperatif Learning
b.     Metode    :           Lesson Study

 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian tahukah ananda mengapa kita harus bernapas?
Tentu untuk bertahan hidup bukan?
Lalu organ-organ apa saja penyusun sistem pernapasan pada manusia?
Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari pengertian bernapas dan organ-organ penyusun sistem pernapasan manusia
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Pengertian Bernapas dan organ-organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai pengertian bernapas dan organ-organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS


2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi


C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca, membuat ringkasan dan peta konsep tentang materi selanjutnya yaitu mekanisme pernapasan dan gangguan dan kelainan pada sistem pernapasan manusia
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.







6.    
7.   Mencatat judul pelajaran



8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari


*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS


*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok


*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas

*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan





*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru






*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



Pertemuan II
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian pernahkah ananda melihat seorang pelari maraton yang sedang berlari kencang?
Apakah pada saat berlari, pelari tersebut tidak kehabisan oksigen untuk bernapas? Lalu bagaimana mekanisme jalannya udara pada saat kita bernapas? Dan kelainan dan gangguan apa saja yang terjadi pada sistem pernapasan manusia?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Mekanisme pernapasan dan kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
8.   Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai Mekanisme pernapasan dan kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu sistem peredaran darah pada manusia
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.








6.    
7.   Mencatat judul pelajaran



8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran




*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari



*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru


*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



   V.    Sumber Pembelajaran
1.   Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis,
2.   Sumber pelajaran

 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik penilaian        :           tes tertulis
2.   Bentuk instrumen      :           PG dan uraian
3.   Contoh instrumen     :           terlampir

Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN .............
,Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi









                     NIP.

0 comments

Poskan Komentar