Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN " SISTEM PENCERNAAN"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan         :  SMP N................
Mata Pelajaran               :  Biologi
Kelas/Semester              :  VIII / I
Tahun Pelajaran             :  2010-2011
Alokasi Waktu                :  4 x 40 menit
Standar Kompetensi              :
            2. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                 :
           
2.2 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Indikator Pembelajaran        :
·         Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
·         Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya
·         Melakukan dan membuat laporan hasil percobaab uji makanan
·         Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi
·         Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.     Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.     Menyebutkan pengertian dari sistem pencernaan
2.     Menjelaskan fungsi dari sistem pencernaan
3.     Menjelaskan fungsi makanan bagi tubuh manusia
4.     Mengelompokkan makanan berdasarkan kandungan zat yang dimilikinya
5.     Mengidentifikasi organ-organ yang termasuk  sistem pencernaan
6.     Membedakan antara saluran  pencernaan dengan kelenjar pencernaan
7.     Menjelaskan fungsi dari masing-masing organ yang menyusun saluran dan kelenjar pencernaan
8.     Menjelaskan proses pencernaan pada manusia
9.     Membedakan pencernaan mekanik dan kimiawi
10.  Menjelaskan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.     Bekerjasama dengan teman
2.     Menghargai pendapat teman
3.     Mengemukakan pendapat
4.     Mengkomunikasikan penemuan
c.      Psikomotor

   II.    Materi Pembelajaran
a.     Fakta                    :
1.     Makanan dalam tubuh manusia mengalami proses pencernaan
2.     Makhluk hidup membutuhkan makanan untuk mempertahankan hidup
3.     Makanan berfungsi untuk menghasilkan tenaga, pertumbuhan tubuh dan keseimbangan
4.     Sistem pencernaan manusia terdiri atas saluran dan kelenjar pencernaan
5.     Saluran pencernaan terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rectum dan anus
6.     Kelenjar pencernaan terdiri dari kelenjar air ludah, lambung, pankreas, hati dan usus halus
7.     Terdapat kelainan dan gangguan pada sistem pencernaan manusia

b.     Konsep                :
1.     Sistem pencernaan
2.     Saluran pencernaan
3.     Kelenjar pencernaan
4.     Metabolisme
5.     Gerak peristaltik
6.     Defisiensi

c.      Prinsip                 :           -

d.     Prosedur              :           -

e.     Materi pokok      :
1.     Pengertian dan fungsi sistem sencernaan
2.     Jenis-jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya
3.     Organ-ogan yang termasuk saluran dan kelenjar pencernaan
4.     Fungsi dari masing-masing organ yang termasuk saluran dan kelenjar pencernaan
5.     Proses Pencernaan
6.     Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

f.       Alokasi Waktu    :
Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
PT (Penugasan Terstruktur)
30 menit
Membaca materi pelajaran selanjutnya, membuat ringkasan dan peta konsep tentang materi sistem pernapasan pada manusia
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-

  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.     Model      :           Kooperatif Learning
b.     Metode    :           Lesson Study

 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian, apakah ananda tau kenapa kita bisa melakukan banyak aktifitas?
Karena kita memiliki energi, nah energi tersebut berasal dari mana?
Tentu dari makanan yang kita makan kan?
Lalu apa saja zat makanan yang dibutuhkan tubuh kita supaya tubuh kita dapat sehat dan bisa melakukan banyak aktifitas?
Lalu apa yang terjadi kalau kita kekurangan zat makanan tersebut?

6.   Motivasi :
7.   Judul :
Pengertian dan fungsi sistem pencernaan, jenis-jenis makanan yang dibutuhkan tubuh dan kandungan zat yang ada di dalamnya
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai pengertian dan fungsi sistem pencernaan, jenis-jenis makanan yang dibutuhkan tubuh dan kandungan zat yang ada di dalamnya
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS


2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa



3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu Organ-organ pencernaan beserta fungsinya dalam proses pencernaan
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.












6.    
7.   Mencatat judul pelajaran





8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari




*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS


*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman




*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru




*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



Pertemuan II
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian, makanan yang kita makan tersebut bentuknya bermacam-macam kan?
Ada yang besar dan kecil, tapi saat kita mengeluarkan feses seluruh makanan itu sudah sama bentuknya,nah proses apakah yang terjadi?
Proses pencernaan kan? Nah, dalam suatu proses tentu dibutuhkan organ-organ pencernaannya bukan?
Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang organ-organ yang berperan dalam proses pencernaan dan apa fungsi masing-masing organ tersebut.

6.   Motivasi :
7.   Judul :
Organ-organ pencernaan beserta fungsinya dalam proses pencernaan
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai organ-organ pencernaan beserta fungsinya dalam proses pencernaan
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS


2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu Proses pencernaan dan Gangguan dan Kelainan pada Sistem Pencernaan
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.















6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari


*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS


*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru




*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



Pertemuan III
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian, pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari organ-organ yang berperan dalam proses pencernaan beserta fungsi masing-masingnya. Nah, apakah ananda tau bagaimana mekanisme jalannya makanan di dalam tubuh sehingga pada akhirnya dikeluarkan dalam bentuk feses?Lalu kelainan dan gangguan apa saja yang dapat terjadi pada sistem pencernaan kita?
Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari mengenai proses pencernaan dan kelainan dan gangguan pada sistem pencernaan

6.   Motivasi :
7.   Judul :
Proses pencernaan dan Gangguan dan Kelainan pada Sistem Pencernaan
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai proses pencernaan dan gangguan dan kelainan pada sistem pencernaan
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu sistem pernapasan pada manusia
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.















6.    
7.   Mencatat judul pelajaran



8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari


*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru


*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama




   V.    Sumber Pembelajaran
1.   Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis,
2.   Sumber pelajaran

 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik penilaian        :           tes tertulis
2.   Bentuk instrumen      :           PG, isian, dan uraian
3.   Contoh instrumen     :           terlampir


Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN ,,,,,,,,,,,,,,
Padang,            Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi









                     NIP.

0 comments

Posting Komentar