Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "SISTEM PEREDARAN DARAH"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan         :  SMP N ...........
Mata Pelajaran               :  Biologi
Kelas/Semester              :  VIII / I
Tahun Pelajaran             :  2010-2011
Alokasi Waktu                :  8 x 40 menit
Standar Kompetensi              :
            2. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                 :
            2.4 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Indikator Pembelajaran        :
·         Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
·         Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah
·         Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.     Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.     Menyebutkan pengertian dari sistem transportasi pada manusia
2.     Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
3.     Menjelaskan fungsi dari organ-organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
4.     Menjelaskan struktur dan fungsi darah
5.     Menjelaskan jenis-jenis golongan darah
6.     Membedakan peredaran darah panjang dan peredaran darah pendek
7.     Menjelaskan peredaran getah bening
8.     Menjelaskan kelainan dan penyakit yang terdapat pada sistem peredaran darah pada manusia
b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.     Bekerjasama dengan teman
2.     Menghargai pendapat teman
3.     Mengemukakan pendapat
4.     Mengkomunikasikan penemuan

c.      Psikomotor
Untuk memahami sistem peredaran darah pada manusia dilakukan percobaan mengenai :
1.       Menghitung denyut nadi
2.       Menentukan golongan darah

   II.    Materi Pembelajaran
a.     Fakta                    :
1.     Tubuh manusia mengandung darah yang berfungsi sebagai alat transportasi zatmakanan
2.     Sistem peredaran darah pada manusia terdiri atas alat peredaran darah dan peredaran getah bening (limfa)
3.     Alat peredaran darah terdiri dari jantung dan pembuluh darah
4.     Darah tersusun atas sel-sel darah, plasma darah, dan keping darah
5.     Aliran darah dibedakan atas 2 yaitu peredaran darah panjang dan peredaran darah pendek
6.     Terdapat kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia

b.     Konsep                :
1.     Sistem Peredaran darah
2.     Peredaran darah pendek
3.     Peredaran darah panjang

c.      Prinsip                 :           -

d.     Prosedur              :           -

e.     Materi pokok      :
1.     Organ-organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
2.     Struktur dan fungsi  darah serta penggolongan darah
3.     Peredaran darah dan Getah Bening
4.     Kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia






f.       Alokasi Waktu    :

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
PT (Penugasan Terstruktur)
60 menit
Membaca materi pelajaran selanjutnya, membuat ringkasan dan peta konsep materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-

  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.     Model      :           Kooperatif Learning
b.     Metode    :           Lesson Study

 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian, pernahkah ananda melihat urat-urat berwarna hijau dan biru kemerah-merahan pada tangan? Tahukah ananda apa itu?
Urat tersebut adalah pembuluh darah kita, nah apa fungsi dari pembuluh darah tersebut?
Lalu ananda tau bahwa tubuh kita mengandung darah, lalu bagaimana cara mengedarkan darah keseluruh tubuh?
Nah, pada pertemuan kali ini kita akan membahas organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia

6.   Motivasi :
7.   Judul :
Organ-organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai organ-organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS


2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa


3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu struktur dan fungsi darah serta penggolongan darah pada manusia
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.














6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari


*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS


*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman



*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru




*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



Pertemuan II
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian, tahukah ananda bagaimana bentuk dari sel darah yang ada dalam tubuh kita?
Lalu terdiri dari apa saja darah itu?
Pernahkah ananda melihat orang melakukan kegiatan donor darah? Apakah tiap-tiap golongan darah bisa ditranfusikan ke golongan darah manapun?
Apa golongan darahmu? Tahukah ananda bagaimana cara menentukan golongan darah?

6.   Motivasi :
7.   Judul :
struktur dan fungsi darah serta penggolongan darah pada manusia
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai struktur dan fungsi darah serta penggolongan darah pada manusia
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS


2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa



3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu peredaran darah dan getah bening pada manusia
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.











6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari


*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS


*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman



*      Menerima penghargaan




*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru



*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



Pertemuan III
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian, pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari organ-organ yang berperan dalam sistem peredaran darah dan struktur dan fungsi darah.
Lalu bagaimanakah aliran darah pada tubuh kita? Apakah pembuluh darah itu tidak saling bertabrakan karena jumlahnya yang sangat banyak?
Kemana saja darah kita di alirkan?
Nah, pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang peredaran darah dan getah bening pada manusia

6.   Motivasi :
7.   Judul :
Peredarah darah dan getah bening pada manusia
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai peredarah darah dan getah bening pada manusia
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.














6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari

*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru



*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



Pertemuan IV
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian, pernahkah ananda memperhatikan tangan kuli bangunan atau kaki orang yang sudah tua?
Pasti tampak ada permukaan yang menonjol bukan? Apakah ananda tau apa itu?
Lalu pernahkah ananda melihat orang yang pucat dan lemas? Taukah ananda apa yang terjadi pada orang tersebut?

6.   Motivasi :
7.   Judul :
Kelainan dan Gangguan pada Sistem Peredaran Darah Manusia
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah manusia
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi
*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.










6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari


*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok
*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru


*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



   V.    Sumber Pembelajaran
1.   Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis,
2.   Sumber pelajaran








 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik penilaian        :           tes tertulis
2.   Bentuk instrumen      :           PG dan uraian
3.   Contoh instrumen     :           terlampir


Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN
,            Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi









                     NIP.

0 comments

Poskan Komentar