Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "ZAT ADIKTIF"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan               :   SMP N
Mata Pelajaran                      :   Biologi
Kelas/Semester                     :   VIII / I
Tahun Pelajaran                    :   2010-2011
Alokasi Waktu                       :   4 x 40 menit
Standar Kompetensi                      :
               4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar                          :
4.3 Mendeskripsikan bahan kimia alami  dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
Indikator Pembelajaran :
·          Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.      Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.      Menjelaskan pengertian zat adiktif
2.      Menjelaskan 5 macam zat adiktif yang sering digunakan di rumah tangga
3.      Menjelaskan 5 contoh zat adiktif buatan yang sering digunakan dalam rumah tangga
4.      Menjelaskan 3 macam contoh zat adiktif buatan yang sering digunakan dalam rumah tangga
5.      Menjelaskan bahaya zat adiktif yang digunakan dalam makanan
b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.      Bekerjasama dengan teman
2.      Menghargai pendapat teman
3.      Mengemukakan pendapat
4.      Mengkomunikasikan penemuan
c.      Psikomotor

   II.    Materi Pembelajaran
a.      Fakta                          :
1.      Zat adiktif adalah zat-zat kimia yang ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan kualitasnya yang mencangkup rasa, penampilan, warna, keawetan dan lain-lain
2.      Keuntungan penggunaan zat adiktif antara lain :
a.    Membuat makanan menjadi tahan lama
b.    Mempertahankan nilai-nilai gizi tertentu dalam bahan makanan
c.     Penampilan yang baik
3.      Jenis-jenis zat adiktif antara lain zat pewarna, penyedap rasa dan aroma serta penguat rasa, zat pemanis, zat pengawet, zat anti oksidan, pengemulsi, pemantap, dan pengental, pemutih dan pematang tepung, pengatur keasaman, anti kempal, pengeras, sekuestran, penambah gizi.

b.     Konsep                      :
1.      Zat adiktif
2.      Zat pewarna, penyedap rasa dan aroma
3.      Penguat rasa
4.      Zat pemanis
5.      Zat pengawet
6.      Zat anti oksidan
7.      Zat Pengemulsi, pemantap dan pengental
8.      Zat Pemutih dan pematang tepung
9.      Zat pengatur keasaman, anti kempal, pengeras
10.   Sekuestran
11.   Zat pengeras
12.   Zat penambah gizi

c.      Prinsip                       :              -

d.     Prosedur                   :              -

e.      Materi pokok           :
1.    Jenis-jenis zat adiktif  yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari

f.       Alokasi Waktu         :

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
PT (Penugasan Terstruktur)
60 menit
Membaca materi pelajaran selanjutnya
Membuat ringkasan jenis-jenis bahan adiktif yang terkandung dalam makanan yang sering dimakan dalam kehidupan sehari-hari
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-

  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.      Model         :              Kooperatif Learning
b.     Metode      :              Lesson Study

 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Pernahkah ananda melihat ibu mencampurkan royco atau ajinomoto ke dalam masakan yang dibuatnya?
Setelah diberi royco atau ajinomoto bagaimanakah rasa masakan itu? Apa fungsi dari royco atau ajinomoto tersebut?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Zat adiktif dalam kehidupan
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai zat adiktif dalam kehidupan
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.





6.    
7.   Mencatat judul pelajaran

8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*       Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru
*       Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari

*       Membaca LDS yang dibagikan


*       Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*       Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok
*       Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*       Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas

*       Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*       Menerima penghargaan



*       Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat

*       Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*       Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*       Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini


*       Mencatat tugas yang diberikan guru

*       Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



   V.    Sumber Pembelajaran
1.    Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis,
2.    Sumber pelajaran

 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.    Teknik penilaian              :              tes tertulis
2.    Bentuk instrumen           :              uraian
3.    Contoh instrumen           :              terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN
            Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi









                     NIP.

0 comments

Posting Komentar