Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "ZAT KIMIA DAN PSIKOTROPIKA"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan               :   SMP N
Mata Pelajaran                      :   Biologi
Kelas/Semester                     :   VIII / I
Tahun Pelajaran                    :   2010-2011
Alokasi Waktu                       :   2 x 40 menit
Standar Kompetensi                      :
               4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar                          :
4.4 Mendeskripsikan sifat/ pengaruh zat adiktif dan psikotropika
4.5   Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
Indikator Pembelajaran :
·          Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
·          Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi dan sosial
·          Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika
·          Mendata zat adiktif dan psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.      Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.      Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
2.      Menyebutkan contoh-contoh zat adiktif dan psikotropika
3.      Menjelaskan dampak negatif pemakaian zat adiktif dan psikotropika
4.      Menjelaskan cara pencegahan  pemakaian zat adiktif dan psikotropika
5.      Menjelaskan cara penyembuhan pemakai zat adiktif dan psikotropika
6.      Menjelaskan ciri-ciri fisik korban ketergantungan zat adiktif dan psikotropika
7.      Menjelaskan zat adiktif dan psikotropika yang dapat digunakan dalam bidang kesehatan
b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.      Bekerjasama dengan teman
2.      Menghargai pendapat teman
3.      Mengemukakan pendapat
4.      Mengkomunikasikan penemuan
c.      Psikomotor


   II.    Materi Pembelajaran
a.      Fakta                          :
1.      Zat adiktif diperlukan dalam bidang kedokteran
2.      Penggunaan zat adiktif tidak sesuai, dapat berakibat buruk bagi manusia
3.      Efek penggunaan zat adiktif antara lain efek penyalahgunaan minuman alkohol, ganja, Halusinogen, Kokain, Opiat, Inhalasia dan Non obat
4.      Zat adiktif sangat dibutuhkan dalam bidang kedokteran, seperti saat operasi atau amputasi

b.     Konsep                      :
1.      Zat adiktif
2.      Zat psikotropika
3.      Zat halusinogen
4.      Zat opiat
5.      Zat Inhalasia
6.      Amputasi

c.      Prinsip                       :              -

d.     Prosedur                   :              -

e.      Materi pokok           :
1.    Pengertian zat adiktif dan psikotropika
2.    Dampak zat adiktif dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi dan sosial
3.    Cara menghindarkan diri dari zat adiktif dan psikotropika
4.    Jenis-jenis zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan

f.       Alokasi Waktu         :

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
PT (Penugasan Terstruktur)
60 menit
Membuat daftar zat adiktif dan psikotropika  dalamkehidupan sehari-hari selain yang telah dipelajari beserta efek dan pencegahannya
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-

  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.      Model         :              Kooperatif Learning
b.     Metode      :              Lesson Study



 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Pernahkah ananda dioperasi? Atau melihat orang lain yang pernah mengalami operasi? Pernahkah ananda bertanya apakah di operasi itu sakit?
Zat apakah yang disuntikkan pada saat seseorang akan dioperasi?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Zat adiktif dan psikotropika dalam kehidupan sehari-hari
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai Zat adiktif dan psikotropika dalam kehidupan sehari-hari
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas kepada siswa
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.





6.    
7.   Mencatat judul pelajaran

8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*       Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru
*       Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari


*       Membaca LDS yang dibagikan


*       Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*       Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok
*       Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*       Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas

*       Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*       Menerima penghargaan



*       Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat

*       Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*       Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*       Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini


*       Mencatat tugas yang diberikan guru
*       Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



   V.    Sumber Pembelajaran
1.    Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis,
2.    Sumber pelajaran

 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.    Teknik penilaian              :              tes tertulis
2.    Bentuk instrumen           :              uraian
3.    Contoh instrumen           :              terlampir

Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN
 Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi









                     NIP.

0 comments

Poskan Komentar