Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan         :  SMP N 
Mata Pelajaran               :  Biologi
Kelas/Semester              :  VIII / I
Tahun Pelajaran             :  2010-2011
Alokasi Waktu                :  4 x 40 menit
Standar Kompetensi              :
            3. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar                 :
   
3.1   Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Indikator Pembelajaran        :
·         Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun
·         Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
·         Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.     Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.     Menjelaskan struktur luar dan dalam akar
2.     Menjelaskan fungsi dari akar
3.     Menjelaskan struktur luar dan dalam batang
4.     Menjelaskan fungsi dari batang
5.     Menjelaskan struktur luar dan dalam daun
6.     Menjelaskan fungsi dari daun
7.     Menjelaskan struktur bunga
8.     Menjelaskan fungsi dari bunga
9.     Menjelaskan struktur buah
10.  Menjeaskan jenis dan fungsi buah
11.  Menjelaskan struktur dari biji
12.  Menjelaskan proses pengangkutan air dan mineral yang terlarut pada tumbuhan
b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.     Bekerjasama dengan teman
2.     Menghargai pendapat teman
3.     Mengemukakan pendapat
4.     Mengkomunikasikan penemuan

c.      Psikomotor
1.     Melakukan pengamatan bagian-bagian bunga pada bunga kembang sepatu dan bougenville

   II.    Materi Pembelajaran
a.     Fakta                    :
1.     Tumbuhan terdiri dari organ akar, batang, daun dan bunga
2.     Akar, batang dan daun tersusun atas struktur luar dan struktur dalam
3.     Tumbuhan melakukan peristiwa fotosintesis
4.     Pada tumbuhan berpembuluh transportasi dilakukan oleh xilem dan floem
5.     Pada tumbuhan spermatophyta, bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakkan
6.     Fotosintesis membutuhkan zat makanan yang diangkut oleh xilem dibantu daya tekan akar, transpirasi dan kapilaritas batang

b.     Konsep                :
1.     Autotrof
2.     Tumbuhan spermatophyta
3.     Fotosintesis
4.     Daya kapilaritas
5.     Daya isap daun

c.      Prinsip                 :           -

d.     Prosedur              :
untuk memahami struktur dan fungsi tubuh tumbuhan dilakukan pengamatan bagian-bagian pada bunga kembang sepatu dan bougenville

e.     Materi pokok      :
1.     Struktur dan fungsi akar
2.     Struktur dan fungsi batang
3.     Struktur dan fungsi daun
4.     Struktur dan fungsi bunga
5.     Struktur, fungsi dan jenis buah
6.     Struktur biji
7.     Proses pengangkutan air dan mineral yang terlarut pada tumbuhan




f.       Alokasi Waktu    :

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
PT (Penugasan Terstruktur)
30 menit
Membaca materi pelajaran selanjutnya,membuat ringkasan dan materi fotosintesis
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-

  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.     Model      :           Kooperatif Learning
b.     Metode    :           Lesson Study

 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian coba perhatikan tanaman disekitar kita, terdiri dari organ apa saja tanaman tersebut?
Ya, terdiri dari akar, batang dan daun. Tahukah ananda struktur dari sebuah akar? Bagaimana cara air dari tanah bisa sampai keseluruh tubuh tumbuhan? Apa saja fungsi dari akar dan organ tumbuhan yang lainnya?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Struktur dan fungsi akar, batang dan daun pada tumbuhan
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.

B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai struktur dan fungsi akar, batang dan daun pada tumbuhan
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS


2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu struktur dan fungsi bunga, buah, biji dan proses pengangkutan air dan mineral yang terlarut pada tumbuhan
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.








6.    
7.   Mencatat judul pelajaran


8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran


*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari

*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS



*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas

*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman



*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru





*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



Pertemuan II
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian pernahkah memperhatikan bunga kembang sepatu? Bunga ini termasuk bunga lengkap, kenapa disebut demikian?
Apa saja bagian-bagian dari bunga lengakap? Dan apa fungsi dari organ tersebut?
Lalu saat kita menyiram air ke tanah tempat tanaman tumbuh, apa langsung diserap oleh semua bagian tubuh tumbuhan itu?apa saja yang mempengaruhi aliran air pada tubuh tumbuhan?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
struktur dan fungsi bunga, buah, biji dan proses pengangkutan air dan mineral yang terlarut pada tumbuhan
8.   Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai struktur dan fungsi bunga, buah, biji dan proses pengangkutan air dan mineral yang terlarut pada tumbuhan
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu fotosintesis
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.











6.    
7.   Mencatat judul pelajaran




8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran




*      Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*      Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari



*      Membaca LDS yang dibagikan


*      Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*      Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok

*      Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*      Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas


*      Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*      Menerima penghargaan



*      Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat
*      Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*      Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*      Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini



*      Mencatat tugas yang diberikan guru


*      Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



   V.    Sumber Pembelajaran
1.   Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis,
2.   Sumber pelajaran

 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik penilaian        :           tes tertulis
2.   Bentuk instrumen      :           PG dan uraian
3.   Contoh instrumen     :           terlampir


Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN
,            Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi









                     NIP.

0 comments

Posting Komentar