Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "KEGUANAAN DAN EFEK SAMPING BAHAN KIMIA"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan               :   SMP N 
Mata Pelajaran                      :   Biologi
Kelas/Semester                     :   VIII / I
Tahun Pelajaran                    :   2010-2011
Alokasi Waktu                       :   4 x 40 menit
Standar Kompetensi                      :
               4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar                          :
4.2 Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
Indikator Pembelajaran :
·          Mengidentifikasi fungsi dan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam makanan
·          Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk

     I.    Tujuan Pembelajaran
a.      Kognitif
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa mampu:
1.      Menjelaskan cara-cara penggunaan bahan pembersih, pemutih, pewangi dan pembasmi serangga
2.      Menjelaskan tentang efek samping dari penggunaan bahan pembersih, pemutih, pewangi dan pembasmi serangga
3.      Menjelaskan cara pencegahan efek samping dari penggunaan bahan pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga
4.      Mengelompokkan bahan kimia yang terdapat pada bahan pembersih, pemutih, pewangi dan pembasmi serangga
b.     Afektif
Dalam melaksanakan pembelajaran ini siswa dapat :
1.      Bekerjasama dengan teman
2.      Menghargai pendapat teman
3.      Mengemukakan pendapat
4.      Mengkomunikasikan penemuan
c.      Psikomotor

   II.    Materi Pembelajaran
a.      Fakta                          :
1.      Dalam kehidupan kita sering menggunakan bahan kimia seperti untuk pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga
2.      Pembersih menggunakan bahan kimia yang terbuat dari alam seperti lemak dan minyak yang direaksikan dengan bahan kimia lain yang disebut basa
3.      Pemutih pakaian pada umumnya mengandung senyawa klorin yaitu bahan pemutih bubuk (powder) yang disebut kalsium hipoklorit (kaporit) dan bahan pemutih cair yang disebut natrium hipoklorit
4.      Bahan kimia yang menimbulkan aroma harum pada buah-buahan yang mengandung zat kimia yang disebut eter (alkil alkanoat)
5.      Produk pembasmi serangga mengandung bahan kimia, seperti senyawa karbonat (propoksur, karbonil, dimetan, pirolan ) senyawa organfosfat (paration, malation, tetraetil pirifosfat) dan senyawa organoklor (DDT, aldrin, kepone, mireks )
6.      Penggunaan bahan kimia dalam kehidupan selain bermanfaat juga mendatangkan efek tertentu terhadap lingkungan dan manusia

b.     Konsep                      :
1.      Zat pembersih
2.      Zat pemutih
3.      Zat pewangi
4.      Zat pembasmi serangga
5.      Basa
6.      Senyawa klorin
7.      Eter
8.      Senyawa karbonat
9.      Senyawa organfosfat
10.   Senyawa organoklor

c.      Prinsip                       :              -

d.     Prosedur                   :              -

e.      Materi pokok           :
1.     

f.       Alokasi Waktu         :

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
TM (Tatap Muka)
80 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
PT (Penugasan Terstruktur)
60 menit
Membaca materi pelajaran selanjutnya
Membuat ringkasan jenis-jenis bahan kimia yang terkandung dalam makanan yang sering dimakan dalam kehidupan sehari-hari
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
-



  III.    Metode / Model Pembelajaran
a.      Model         :              Kooperatif Learning
b.     Metode      :              Lesson Study

 IV.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Sabun mandi apakah yang kalian pakai? Pernahkah ananda mencium aromanya? Zat apakah yang terdapat pada bahan tersebut? 
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Bahan kimia dalam kehidupan
8.   Menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai bahan kimia dalam kehidupan
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu efek samping penggunaan bahan kimia
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.


6.    
7.   Mencatat judul pelajaran

8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*       Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru

*       Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari
*       Membaca LDS yang dibagikan


*       Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*       Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok
*       Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*       Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas

*       Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*       Menerima penghargaan



*       Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat

*       Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*       Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*       Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini


*       Mencatat tugas yang diberikan guru


*       Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



Pertemuan II
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
A.   Pendahuluan (15 menit)
1.   Mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca salam
3.   Absensi siswa oleh guru

4.   Guru menyiapkan media untuk materi pelajaran hari ini
5.   Guru memberikan apersepsi mengenai materi ajar yaitu :
Ananda sekalian taukah ananda untuk apa digunakan senyawa klorin?
Untuk memutihkan pakaian bukan?
Bagaimana kalau senyawa tersebut digunakan untuk makanan? Atau bagaimana jika penggunaannya berlebihan? Apakah dapat membahayakan kesehatan kita?
6.   Motivasi :
7.   Judul :
Efek Samping Penggunaan Bahan Kimia
8.   Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran hari ini.


B.   Kegiatan Inti (50 menit)
1.   Eksplorasi
*   Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
*   Guru menjelaskan materi pelajaran secara umum mengenai Efek Samping Penggunaan Bahan Kimia
*   Membagikan bahan ajar dan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok
*   Membimbing siswa dalam menyelesaikan jawaban LDS

2.   Elaborasi
*   Mendekati siswa yang menemukan kesulitan dalam diskusi

*   Memberi perhatian dan arahan siswa yang kurang melibatkan diri dalam diskusi
*   Memberi kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
*   Mengamati dan membimbing jalannya diskusi siswa

3.   Konfirmasi
*   Memberi penghargaan terhadap kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas
*   Memberikan penekanan terhadap hasil eksplorasi siswa
*   Memberi motivasi pada siswa atau kelompok siswa yang hasil eksplorasinya kurang dan siswa yang kurang motivasi

C.   Penutup (15 menit)
*   Mengajukan pertanyaan untuk mencek ketercapaian tujuan pembelajaran hari ini
*   Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk menyampaikannya
*   Memberikan tugas baca tentang materi selanjutnya yaitu bahan kimia alami dan buatan
*   Menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

1.   Mempersiapkan diri untuk memulai pembelajaran
2.   Menjawab salam guru

3.   Medengarkan saat guru sedang mengabsen
4.   Memperhatikan guru dan media yang sedang disiaapkan
5.   Mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.






6.    
7.   Mencatat judul pelajaran

8.   Mencatat tujuan pembelajaran dan memperhatikan pengarahan guru tentang kegiatan pembelajaran



*       Duduk bersama teman lain yang telah ditentukan guru
*       Mendengarkan  penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari

*       Membaca LDS yang dibagikan


*       Berdiskusi dengan teman dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan LDS

*       Mengeluarkan pendapat dan menganggapi pendapat teman dalam kelompok
*       Menuliskan kesimpulan diskusi kelompok

*       Melaporkan hasil eksplorasi di depan kelas

*       Memberi tanggapanterhadap laporan teman


*       Menerima penghargaan



*       Merevisi hasil diskusi yang kurang tepat

*       Berniat untuk giat belajar untuk mengejar ketinggalan




*       Memberi jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru

*       Menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari hari ini


*       Mencatat tugas yang diberikan guru


*       Membaca Alhamdulillah secara bersama-sama



   V.    Sumber Pembelajaran
1.    Media pelajaran
Alat tulis, papan tulis,
2.    Sumber pelajaran

 VI.    Penilaian Hasil Belajar
1.    Teknik penilaian              :              tes tertulis
2.    Bentuk instrumen           :              uraian
3.    Contoh instrumen           :              terlampir


Mengetahui
Kepala Sekolah SMPN
      Juli  2010
Guru Mata Pelajaran Biologi









                     NIP.


0 comments

Posting Komentar