Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Kamis, 17 Februari 2011

Revita Yuni. 73706. Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Formasi Regu Tembak Pada Pembelajaran Ekonomi di Kelas VIII D SMPN 2 Gunung Talang.

 ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe formasi regu tembak pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII D di SMP Negeri 2 Gunung Talang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan hipotesis tindakannya adalah penerapan strategi belajar aktif tipe formasi regu tembak dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Gunung Talang. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Gunung Talang Jl. Lintas Sumatera Jua Gaek Cupak- Kabupaten Solok dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 35 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang digunakan untuk melihat perubahan partisipasi siswa dan tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk melihat perubahan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus I dan II.
Hasil penelitian dari dua siklus menunjukan bahwa partisipasi dan hasil belajar siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan sejak siklus I dan peningkatan ini berlanjut pada siklus II. Secara keseluruhan partisipasi siswa yang relevan dengan pembelajaran mempunyai rata-rata 60,96% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 84,30%. Partisipasi negatif siswa yang tidak relevan dengan pembelajaran juga mengalami penurunan yaitu secara keseluruhan partisipasi negatif pada siklus I mempunyai rata-rata 21,79% dan menurun menjadi 10% pada siklus II. Meningkatnya Partisipasi positif yang relevan dengan pembelajaran dan menurunnya Partisipasi negatif yang tidak relevan dengan pembelajaran memicu peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas 62,86% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,86%, begitupun dengan rata-rata nilai meningkat dari 71,57 pada siklus I menjadi 73 pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Formasi Regu Tembak dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII D SMP N 2 Gunung Talang. Penggunaan Strategi pembelajaran yang tepat merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar. Agar partisipasi dan hasil belajar siswa meningkat maka penulis menyarankan kepada guru IPS Terpadu kelas VIII D untuk menggunakan Strategi Belajar Aktif Tipe Formasi Regu Tembak ini dalam mata pelajaran IPS Terpadu dengan kompetensi dasar mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar.

0 comments

Posting Komentar