Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

Rica Rustikawaty: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resource Based-Learning (RBL) dengan Memanfaatkan Internet Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 4 Padang Tahun Pelajaran 2008/2009

 ABSTRAK

Keberhasilan kegiatan pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan siswa sebagai peserta belajar. Kurikulum tahun 2004 mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator dalam pembelajaran. Metode pembelajaran resource based-learning (RBL) dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar diharapkan akan membantu siswa dalam mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat meningkatkan penguasaan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran RBL dengan memanfaatkan internet terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA N 4 Padang tahun pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 4 Padang yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2008/2009 yang tersebar dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Setelah didapat dua kelas sampel, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara pengundian sehingga diperoleh kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95% (α=0,05) didapatkan harga thitung 3,87 dan harga ttabel adalah 2,00 pada derajat kebebasan 69. Dengan demikian thitung>ttabel, yang berarti Hipotesis dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran RBL dengan memanfaatkan internet memberi pengaruh yang berarti terhadap peningkatan hasil belajar Biologi siswa SMA N 4 Padang kelas X tahun pelajaran 2008/2009.

0 comments

Posting Komentar