Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Kamis, 17 Februari 2011

Roni Afriadi : Tinjauan Kompetensi Guru Biologi SMA Negeri yang telah Lulus Sertifikasi se-Kota Padang

Guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan karena guru berinteraksi langsung dengan peserta didik. Untuk meningkatkan kualitas guru pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional melakukan peningkatan kualitas guru dengan cara sertifikasi. Sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan kompetensi guru yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan guru sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjut. Kompetensi yang dimiliki dan dikuasi oleh guru sertifikasi adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kompetensi guru yang telah lulus sertifikasi se-Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan cara memberikan angket kepada guru biologi SMA Negeri yang telah lulus sertifikasi dan guru tersebut mengisi angket sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Pembuatan angket berdasarkan kisi-kisi yang telah diuji reliabilitasnya. Penelitian dilakukan di seluruh SMA Negeri Kota Padang yang mempunyai guru sertifikasi dipilih secara acak.  Setelah dilakukan pengacakan terpilih 10 SMA Negeri, dari 10 SMA Negeri yang menjadi sampel adalah guru biologi yang telah lulus sertifikasi sebanyak 30 orang yang tersebar di 10 SMA Negeri tersebut. Teknik analisis data dengan persentase. 
Hasil analisis data adalah,  persentase rata-rata kompetensi pedagogik guru biologi SMA Negeri yang telah lulus sertifikasi se-Kota Padang adalah 87,10%  dengan tingkat kompetensinya baik sekali dan rata-rata kompetensi profesionalnya adalah 80.18% dengan tingkat kompetensinya baik. 

0 comments

Posting Komentar