Pages

Kirimkan file anda untuk di publikasi disini. via email: Irfandani06@gmail.com.. kami menerima abstak dan isi file dalam format,doc,rtf dan pdf

Minggu, 27 Februari 2011

untung romansyah: Pengaruh Variasi Berat Pakan Morus alba var. cathayana dan Morus bombycis var. khunpai terhadap Berat Tubuh dan Panjang Serat Kokon Ulat Sutera (Bombyx mori L.)

ABSTRAK

Ngengat sutera atau sutera (Bombyx mori: "ulat murbei") adalah ngengat yang memiliki nilai ekonomi tinggi sebagai penghasil serat/benang sutera. Makanan ulat sutra hanyalah daun murbei (Morus spp) yang didalamnya terkandung karbohidrat, protein, lemak dan air.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi berat pakan Morus alba var. cathayana dan Morus bombycis var. khunpai terhadap berat tubuh dan panjang serat kokon ulat sutera (Bombyx mori L.). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan berupa pemberian variasi berat pakan Morus alba var. cathayana dan Morus bombycis var. khunpai. Data dianalisis dengan menggunakan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian variasi berat pakan Morus alba var. cathayana dan Morus bombycis var. khunpai berbeda nyata terhadap berat tubuh Bombyx mori L. dan panjang serat kokon Bombyx mori L. Pemberian pakan dengan murbei varietas Morus alba var.cathayana seberat 25% dan Morus bombycis var. khunpai seberat 75% dari berat pakan lebih baik daripada pemberian variasi berat pakan lainnya, yaitu dengan berat tubuh Bombyx mori L. seberat 3,49 gram dan panjang serat kokon Bombyx mori L. sepanjang 1023,608 meter.

0 comments

Posting Komentar